Perhatikan Pembuatan Denah Instalasi Listrik Rumah Yang Aman

Denah instalasi listrik rumah tentunya wajib diketahui oleh pemilik rumah karena tempat hunian pastilah membutuhkan listrik untuk menunjang kehidupan. Meskipun memasang listrik tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan membutuhkan orang yang ahli, tetapi denah instalasi listrik tetap dibutuhkan saat pemasangan. Jangan sampai hanya gara-gara anda salah memasang listrik dalam tempat hunian, pemasangan instalasi listrik malah membuat anda merugi atau bahkan dalam bahaya. Untuk itu, ketahui cara membuat denah instalasi listrik rumah yang aman. 

Contoh  denah instalasi listrik rumah
Contoh  denah instalasi listrik rumah

Membuat Denah Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Saat para ahli listrik ingin melakukan pemasangan listrik di rumah-rumah, hal pertama yang mereka lakukan saat membuat denah instalasi listrik rumah adalah mengetahui dulu denah dalam rumahnya. Ya, denah rumah wajib diketahui oleh ahli pasang listrik karena ruangan dalam rumah pastilah membutuhkan aliran listrik, setidaknya hanya untuk menghidupkan lampu saja. Tak mungkin bukan jika anda hanya memasang listrik pada ruangan tertentu saja. Pastinya aliran listrik harus anda di seluruh rumah bukan. 

Daftar Simbol Denah Listrik Rumah

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam membuat denah instalasi listrik rumah adalah memasang ground. Ground tersebut biasanya dipasang di depan rumah anda. Ada yang harus anda perhatikan saat memasang ground, alangkah baiknya anda memasang ground dengan tangan. Jika anda memilih memasangnya dengan menggunakan palu, dikhawatirkan palu bisa membuat batang ground mengelupas sehingga kerjanya kurang maksimal. Belum lagi, jika anda memukulkan palu dengan keras, batang ground bisa bengkok atau bahkan rusak. 

Model Denah Listrik Rumah Sederhana
Model Denah Listrik Rumah Sederhana

Tentunya tak hanya disitu pembuatan denah instalasi listrik rumah. Selanjutnya, memasang atau membuat kotak untuk sekering. Agar sekering aman, buatlah kotak yang ukurannya sedikit lebih besar dengan sekeringnya. Kemudian, setelah anda membuat kotak, pasang kabel sekering bersamaan dengan kabel MYMnya. Jangan lupa juga untuk membuat pipa untuk kabel listrik agar kabel aliran listrik tersebut bisa tertata dengan rapi dan tak membuat rumah anda menjadi berantakan karena kabel listrik di mana-mana. Semoga informasi tentang cara membikin denah instalasi pada rumah di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Perhatikan Pembuatan Denah Instalasi Listrik Rumah Yang Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deka