Trik Cara Menghitung Luas Atap Rumah dengan mudah

Atap adalah hal yang wajib ada saat anda membangun sebuah rumah. Atap rumah yang dibuat banyak jenis dan modelnya sehingga kadangkala anda kebingungan dalam menghitung luasnya atap rumah. Untuk mengatasi hal itu yang paling mudah tentu menyerahkannya dengan arsitek ataupun konsultan bangunan. Menyewa jasa konsultan tentu menambah ongkos biaya rumah anda. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah anda bisa menghitung luas atap rumah anda sendiri. Anda tak perlu bingung dengan cara menghitung luas atap rumah. Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung luas atap rumah dengan mudah. 
Model Atap Rumah Limas 2014 
 Model Atap Rumah Limas 2014

Menghitung Luas Atap Rumah Limas
 Menghitung Luas Atap Rumah Limas

Cara menghitung luas atap rumah yang pertama kali harus diperhatikan adalah bentuk dari atap rumah anda. Menghitung luas suatu bangun adalah dengan memperhatikan bentuknya. Bentuk Atap rumah yang lazim digunakan adalah limas, datar atau flat , bentuk flat ini bisa datar ataupun miring, berbentuk seperti pelana, perisai atau limas ataupun model khusus semacam atap untuk rumah adat toraja, batak dan yang familiar kita lihat adalah gedung MPR. 

 Genteng Atap Rumah
 Genteng Atap Rumah

Cara menghitung luas atap rumah untuk masing masing bentuk atap berbeda. Atap berbentuk datar untuk mengetahui luasnya caranya mengalikan panjnag dengan lebar atap rumah. Misalnya panjang 7 meter, lebar 6 meter maka luasnya adalah 42 meter persegi. Misalnya berbentuk pelana atau limas , luas atap = panjang x lebar dibagi dengan cosinus kemiringan sudut atap . misal lebar atap anda 8 meter, panjangnya 10 meter dan kemiringanya 30 derajat maka luas atap anda adalah= 8 x 10 : cos 30 = 80 :0,5 = 40 meter persegi. 

Trik cara menghitung luas atap rumah dengan mudah tersebut bisa anda lakukan sendiri saat merancang rumah anda. Cara menghitung luas atap rumah seperti itu begitu mudah. Anda hanya perlu mengukur sudut kemiringan jika akan dibuat semacam limas atau pelana. Menghitungnya pun bisa dengan bantuan tukang bangunan anda. Mudah bukan, silahkan saja anda coba sendiri untuk rumah anda.

Trik Cara Menghitung Luas Atap Rumah dengan mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deka