Pemilihan Bahan Bangunan Untuk Rumah Yang Kokoh

Rumah adalah tempat berlindung dari berbagai gangguan dari luar. Secara letak geografis indonesia memiliki 2 buah musim, kemarau dan penghujan dan cuaca yang sangat ekstrim. Indonesia juga merupakan tempat bertemunya lempeng-lempeng bumi di dunia, tak ayal membuat Indonesia kaya akan alam yang indah dan bencana-bencana alam yang hadir di negara ini juga cukup menakutkan, maka dari itu, mau tidak mau dan harus mau membuat konstruksi rumah yang baik dan dapat mengatasi kejadian di atas adalah suatu keharusan bagi masyarakat Indonesia membangun rumah kokoh. Untuk membantu membuat rumah ini matrial yang digunakan, dan tips memilih bahan bangunan pun dihadirkan.
 
tips memilih bahan bangunan 

Tips Memilih Bahan Bangunan Yang Baik

Pemilihan bahan bahan bangunan perlu diperhatikan, karena bangunan berhubungan dengan konstruksi bangunan itu sendiri. Bila anda kebingungan dalam memilih matrial bangunan seperti: besi beton, Batu bata atau batako, genteng, pasir dan semen yang baik. Berikut adalah tips memilih bahan bangunan yang bagus.
  • Besi beton dikenal dengan sebutan full, gemuk dan banci di pasaran, ketiga jenis ini memiliki ukuran yang berbeda beda Untuk itu telitilah sebelum membeli.
  • Gunakan batu bata merah yang berukuran sedang untuk membuat dinding karena cirinya yang keras, tidak mudah pecah serta memiliki ukuran yang seragam. Tapi bila dana yang anda memiliki kurang, anda dapat menggunakan batako karena dapat menggantikan fungsi batok. Tapi dari segi kekuatan batu merah lebih unggul dari batako
  • Genteng tanah liat dan beton masih menjadi primadona di pasaran, tapi bila anda menggunakan genteng ini kerangka atap atau kuda-kuda harus lebih kuat.
  • Untuk kayu pilihlah kayu konstruksi dari kalimantan yang memiliki kadar air dibawah 20%, gunakan kayu yang sudah di oven agar kayu tidak cepat lapuk
  • Tips memilih bahan bangunan pasir cukup rumit, dengan cara menggenggam pasir ini. bila terlihat butiran pasir memiliki ragam bentuk butiran itu termasuk pasir yang baik dan tidak akan menggumpal. Pasir harus memiliki butiran yang tajam agar mendapat konstruksi plester yang keras bila telah dicampuri semen nanti.
  • Untuk semen, anda tidak perlu bingung karena semen yang di jual di pasaran memiliki kualitas dan harga yang sama, cukup pilih yang bermerk.
Sekian tips memilih bahan bangunan agar konstruksi rumah anda kuat dan kokoh beserta cara untuk memilih matrial bangunan. Semoga dapat menjadi referensi anda sebelum membeli bahan.

Pemilihan Bahan Bangunan Untuk Rumah Yang Kokoh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deka Levta