Filosofi Konsep Rumah Minimalis Di Tengah Perkembangan Zaman

Setiap orang menjalankan hidupnya pasti dilatarbelakangi oleh filosofi hidup yang kemudian dituangkan dalam konsep kehidupan. Lebih spesifik mengenai kebutuhan dasar akan tempat tinggal, setiap orang memiliki konsepnya masing-masing. Konsep rumah minimalis menjadi trend yang digandrungi sebagian besar masyarakat. Hal ini wajar mengingat lahan yang semakin menyempit, maka rumah dengan konsep minimalis menjadi pilihan yang rasional. Disisi lain juga berkaitan dengan semakin banyaknya orang yang waktunya banyak dihabiskan diluar rumah. Namun apa sebenarnya filosofi yang melandasi orang membangun rumah minimalis? 

Gambar Rumah Sederhana 2015 Desain Minimalis Tipe 36

Ada beberapa hal yang mendasari seseorang membuat konsep rumah minimalis, disamping karena factor tren yang sedang berkembang. Pertama adalah sisi esensial. Orang membangun rumah minimalis lebih condong kepada hal yang bersifat esensi atau penting untuk diadakan. Orang tipe ini akan berangkat pada fungsi dasar akan sesuatu. Misal membuat ruang tamu, orang yang esensial akan lebih melihat fungsi ruang tamu sebagai tempat untuk menerima tamu, sehingga yang dihadirkan diruang tamu pun sederhana sebatas meja dan kursi. Andaikan mau menambahkan hiasan pun cukup diletakkan bunga pada vas berukuran kecil. Orang tipe ini tidak mau larut dalam sisi artistic yang terkadang menghadirkan ukiran, almari kecil atau apapun yang tidak berkaitan dengan fungsi utama ruang tamu. 

Rumah Minimalis 1 Lantai Tampak Depan

Landasan kedua orang membuat konsep rumah minimalis adalah sisi kualitas. Sedikit berkualitas lebih bermutu dibanding banyak namun hanya kuantitasnya saja, begitu salah satu pandangan orang tipe ini. Dalam membuat rumah mengacu konsep minimalis menitikberatkan pada sisi fungsi masing-masing ruang yang akan dibangun. Ruang dibuat secara simple, tidak membutuhkan banyak ornament yang hanya mengacu pada pemenuhan kebutuhan keindahan belaka. Ruang dibuat lebih leluasa dengan meminimalkan barang-barang pada sesuai kebutuhan saja. Untuk mensiasati bahkan sekat ruang dapur dengan ruang makan cukup dibuat menggunakan almari atau rak yang satu sisi menghadap dapur difungsikan sebagai tempat menaruh perlengkapan dapur, sedangkan sisi punggungnya sebagai dinding ruang makan. 

Contoh Konsep Rumah Minimalis Pilihan

Konsep rumah minimalis mengacu pada filosofi ketiga yaitu kebersihan. Rumah minimalis memudahkan dalam sisi perawatan dan menjaga kebersihan. Tidak banyaknya barang-barang penghias ruangan membuat waktu dan tenaga untuk membersihkan rumah akan lebih sedikit. Hal ini menguntungkan sehingga bisa digunakan untuk segera melakukan aktivitas pekerjaan diluar rumah. Apabila bersih-bersih dilakukan selepas bekerja pada sore hari pun tidak akan menguras tenaga yang banyak, sehingga waktu untuk benar-benar beristirahat dirumah selepas kerja bisa lebih optimal. Efisien dan efektif, begitulah kata yang bisa dirangkaikan dalam konsep hidup pemilik rumah minimalis.

Filosofi Konsep Rumah Minimalis Di Tengah Perkembangan Zaman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deka Levta